Gubernur, Bupati, Walikota Se-Sumatera Barat Dijadwalkan Hadiri IRGE 2023

Batam, Headline, Komunitas310 Dilihat

Dailykepri.com | Batam Center – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, Bupati dan Walikota kabupaten/kota Se-Sumatera Barat dijadwalkan hadir dalam Internasional Rumah Gadang Expo 2023.

Saat berada di Batam, para kepala daerah dari Sumatera Barat bakal bertemu dengan Walikota Batam, H. Muhammad Rudi membahas sejumlah agenda kerjasama regional.

“Tadi malam, kita rapat. Sekitar 50 persen lebih kepala daerah dari Sumatera Barat bakal hadir. Para Ketua Ikatan Keluarga Kabupaten/Kota (IKA) yang ada di Batam dalam dua hari ini terus memastikan kehadiran para kepala daerah tersebut,” ungkap Agus Bendri, Ketua Umum Panitia International Rumah Gadang Expo 2023, seusai rapat dengan Ketua Ikatan Keluarga Kabupaten/Kota Sumbar yang ada di Batam, Senin, 16 Mei 2023.

Baca juga :
Rugi Tak Datang! IRGE 2023 Sarat Acara Menarik

Panglima Paga Nagari IKSB Kota Batam Siap Sukseskan International Rumah Gadang Expo (IRGE) 2023

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua Umum Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kota Batam, AKBP (Purn) H. Muhammad Maryon.

Secara umum Agus menggambarkan bahwa pelaksanaan IRGE 2023 sudah final. Masing-masing bidang kegiatan sudah siap melaksanakan rangkaian agenda dalam IRGE 2023.

Agus mengajak masyarakat Batam asal Sumatera Barat pada khususnya dan masyarakat Batam pada umumnya untuk datang beramai-ramai menghadiri acara IRGE 2023.

“Expo kali ini menurut sangat spesial. Karena selain menampilkan kerajinan, kesenian, kuliner khas Ranah Minang juga ada perade Nusantara,” katanya.

Seperti diketahui, IRGE 2023 bakal dibuka oleh Walikota Batam, H. Muhammad Rudi. Prosesinya ditandai dengan pemukulan talempong dan penekanan sirene layar led secara bersama dengan Ketua Rombongan perantau Minang di Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalam.

Baca Juga :
Ahmad Sosiawan, Ketua Rang Awak Peduli Batam, IRGE Sebuah Mahakarya Spektakuler

Buruan! Stand UKM di Internasional Rumah Gadang Expo Masih Tersedia 30%

“Pembukaan ini dijadwalkan pada Kamis, 18 Mei 2023 mulai jam 09.00-10.05 WIB. Selanjutnya tamu VIP meninjau stand dan menyaksikan atraksi kesenian,” ungkapnya.

Selanjutnya kata Agus, sekitar pukul 11.00-18-00 WIB dilanjutkan dengan Lomba Hadrah. Dalam perlombaan ini, Ketua IKSB, AKPB (Purn) H.M Maryon membuka acara tersebut.

Pasca Shalat Maghrib urai Agus, rangkaian acara IRGE 2023 diisi dengan Zikir At Taubah dan Tabligh Akbar bersama dengan Buya Ristawardi DT Marajo.

Baru pada Jumat 19 Mei 2023 tambah Agus, diadakan Festival Marandang (membuat rendang). Di sela-sela acara membuat rendang, menu masakan terlezat di dunia ini, IRGE 2023 juga menampilkan atraksi kesenian Minang, tari piring dan hiburan lagu-lagu Minang.

“Jadi, masyarakat yang ingin tahu cara membuat rendang yang paling lezat, jangan sampai lewatkan agenda ini,” katanya.

Kemudian pada Sabtu pagi 20 Mei 2023 lanjut Agus digelar prosesi Maarak Jamba yang diiring dengan kesenian talempong. Selanjutnya dilakukan makan bajamba.

Pada malam harinya sekitar pukul dilakukan proses Pelantikan Pengurus IKSB Periode 2022-2027. Proses ini diisi dengan tarian kolosal, lagu Minang Kabau dan Bundo Kanduang.

“Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Walikota Batam, H. Muhammad Rudi bakal memberi sambutan dalam proses pelantikan tersebut,” imbuhnya.

IRGE 2023 sendiri kata Agus akan ditutup pada Minggu, 21 Mei 2023 dengan jalan santai dan hiburan.

Dalam jalan santai tersebut, panitia telah menyiapkan berbagai hadiah seperti sepeda motor dan hadiah hiburan menarik lainnya. *

Komentar