Kultum Ceramah Ramadhan Singkat: Cara Menghilangkan Sakit Hati

Headline357 Dilihat

Dailykepri.com | Agama – Kultum ceramah Ramadhan adalah ceramah atau pengajian keagamaan yang disampaikan oleh seorang ustadz atau dai kepada jamaah di masjid atau tempat ibadah lainnya selama bulan Ramadan.

Kultum ceramah Ramadhan biasanya dilaksanakan setelah shalat tarawih pada malam hari.

Tujuan dari kultum Ramadhan adalah untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada umat Muslim agar lebih semangat dalam menjalankan ibadah Ramadan serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kultum Ramadhan juga memberikan penjelasan tentang tafsir Al-Quran, hadits, fiqih, dan berbagai aspek keislaman lainnya yang berkaitan dengan Ramadan.

Contoh kultum Ramadhan 2023 singkat kali ini berjudul “Cara Menghilangkan Sakit Hati“.

Menurut Ibnul Qayyim, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit hati:

Menjaga kekuatan hati, atau “hifz al-qalb” dalam bahasa Arab, dapat dilakukan dengan meningkatkan iman kepada Allah, melakukan ibadah, dan memperdalam pemahaman tentang ajaran Al-Qur’an dan Sunnah.

Ibnul Qayyim menekankan bahwa wahyu merupakan sumber kehidupan bagi hati manusia, sehingga mempelajari dan mengamalkannya akan memberikan kekuatan bagi hati manusia.

Melindungi diri dari sumber penyakit yang baru seperti dalam penyakit fisik, menghindari pantangan dapat membantu mencegah sakit hati semakin parah.

Ibnul Qayyim menyarankan untuk melindungi diri dari segala bentuk dosa dan maksiat, karena perbuatan tersebut dapat menjadi sumber penyakit bagi hati manusia.

Dalam hal ini, menjaga jarak dari perbuatan dosa dan maksiat adalah kunci untuk mencegah penyakit hati yang baru.

Dalam hadis disebutkan bahwa hati manusia merupakan tempat terdapat dua jenis kecintaan, yaitu cinta terhadap Allah dan cinta terhadap dunia.

Oleh karena itu, menjaga kekuatan hati dan melindungi diri dari sumber penyakit yang baru sangat penting untuk mengatasi sakit hati dan menjaga kestabilan emosi dan spiritual seseorang.

Wallahu a’lam bishshawab.

Demikianlah contoh kultum Ramadhan 2023 singkat.

Sumber: Youtube Ngaji.id

Komentar