5 Tanda Tubuhmu Kelebihan Gula, Cek sebelum Kesehatanmu Terganggu

Headline, Pendidikan884 Dilihat

Dailykepri.com | Pendidikan – Aneka makanan dan minuman manis memang selalu menggoda. Bahkan bisa membuat kita ketagihan sampai tidak sadar bahwa tubuh kita sudah kelebihan asupan gula. Segala sesuatu yang berlebihan jelas tidak baik untuk tubuh, termasuk kelebihan gula.

Minuman bersoda, permen, kue, pai, kukis, es krim, dan aneka makanan yang berpemanis bila dikonsumsi berlebihan akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Untuk itu penting kita untuk lebih waspada. Pahami tanda-tanda tubuh sudah kelebihan asupan gula, seperti sinyal-sinyal berikut ini.

1. Lelah Sepanjang Hari

Dilansir dari healthywomen.org, saat mengonsumsi gula tubuh kita bisa langsung terasa lebih berenergi. Akan tetap setelahnya energi tubuh langsung anjlok yang membuat tubuh terasa lemas. Tubuh bahkan bisa terasa sangat lelah sepanjang hari. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein serat untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh tanpa membuat kita gampang letih atau lelah.

2. Kulit Wajah Gampang Jerawatan

Kebanyakan konsumsi gula juga bisa mengganggu kesehatan kulit. Bila tubuh kita sangat peka dengan melonjaknya insulin akibat konsumsi gula, maka peningkatan kadar hormon itu bisa memicu munculnya jerawatan. Bila belakangan ini kulit wajah gampang jerawatan, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena asupan gula yang kita konsumsi sudah berlebihan.

Lelah Sepanjang Hari. Foto: Istimewa

3. Moody (Suasana Hati Naik Turun)
Saat mengonsumsi gula, tubuh kita langsung merasa penuh energi. Tapi setelah itu, tubuh langsung terasa lemas karena energi yang melonjak turun. Suasana hati pun jadi naik turun tidak karuan. Kalau akhir-akhir ini merasa sangat moody coba cek lagi apa saja yang sudah dikonsumsi, bisa jadi karena kebanyakan gula.

4. Berat Badan Naik

Kebanyakan konsumsi gula bisa menyebabkan kenaikan kadar insulin dalam tubuh. Hal ini kemudian bisa menyebabkan penumpukan lemak di perut. Berat badan pun meningkat. Ngemil permen dan kukis mungkin nggak bikin kita cepat kenyang sehingga kadang tanpa sadar kita jadi kebablasan mengonsumsinya secara berlebihan. Tahu-tahu berat badan sudah naik, duh kalau kita sudah merasa tubuh jadi tambah gemuk bisa jadi kaena gula yang kita konsumsi sudah berlebihan.

5. Susah Konsentrasi

Ada banyak faktor yang menyebabkan susah konsentrasi, seperti kurang tidur dan stres. Tapi tahukah bahwa kebanyakan konsumsi gula juga bisa membuat kita sulit berkonsentrasi? Ya, otak kita memang butuh suplai glukosa darah yang cukup untuk bisa berfungsi dengan baik. Tapi jika konsumsi gula kebablasan, efeknya gula darah melonjak naik lalu tak lama kemudian meluncur turun. Bila akhir-akhir ini sering lupa dan susah konsentrasi, waspadai penyebabnya karena asupan gula yang sudah berlebihan di konsumsi. (Sumber)

Komentar