TKBM Pelabuhan Batam Gelar Sosialisasi K3 Kepada Pekerja

Batam, Headline367 Dilihat

Dailykepri.com | Batam – Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) menggelar Sosialisasi Keselamatan, Ketertiban dan keamanan (K3) di Pelabuhan Batam, tujuannya agar dapat menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja serta kelangsungan usaha di pelabuhan, kegiatan itu berlangsung di Hotel Golden View Bengkong Kota Batam kepulauan Riau. (20/3/2023)

Hadir dalam kesempatan itu Kasubdit II Intelkam Polda Kepri AKBP Arifin Sihombing S.Soc beserta jajarannya, Ketua TKBM Syahrial Harun Hasyim, Asisten Manajer K3 BP Batam Sohir Nadi, Disnaker Pengawas Bukti Rantau ST.MM, Kabid pemberdayaan dan perlindungan koperasi, Kabid Lalulintas dan Angkutan laut serta seluruh pekerja TKBM pelabuhan Batam.

Baca juga: Komunitas BSB Bersama Polda Kepri Bagikan Ratusan Sembako

Mewakili KSOP Khusus Batam Dedi Hermanto SE,M.Tr. mengatakan, Kegiatan sosialisasi yang didukung Polda Kepri Sangat bermanfaat bagi keselamatan pekerja di pelabuhan , terkait fungsi kami disana hanya sebagai pengawas dan memonitoring aktivitas Bongkar Muat mulai dari aspek Kehadiran, Keselamatan, Penggunaan alat K3 dan Ketepatan dalam shiff, Kata Kabid Lalu lintas angkutan laut.

TKBM Pelabuhan Batam Gelar Sosialisasi K3 Kepada Pekerja

Memang hal ini harus dilakukan secara berkala untuk memastikan penggunaan APD K3 ketika masuk dan keluar terutama Pelabuhan Batu ampar, kami berharap kepada teman-teman TKBM yang telah mengikuti acara ini dapat tersosialisasi aspek k3 di lingkungan kerja tersebut untuk dapat menjalani aturan sesuai SOP yang berlaku, tutup Dedi Hermanto.

Sohir Nadi SE mengatakan, Sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi kepada tenaga kerja bahwasanya kerja harus selamat, artinya pekerja harus menjalankan ketentuan yang sudah di gariskan seperti penggunaan APD harus lengkap yang harus di patuhi, ujar Asisten Manager K3 BUP BP Batam.

Baca juga: Beri Pemahaman Masyarakat, PSDKP Gelar Sosialisasi Permen KP Nomor 18 Tahun 2021

Himbauannya, kepada pekerja di pelabuhan agar bisa tertib dalam bekerja dan tetan persiapkan diri sewaktu akan menjalankan pekerjaan, hal itu penting agar dapat menjamin keselamatan kerja selama menjalankan aktivitasnya di lapangan hingga kembali ke rumah, ujarnya.

Disnaker kepri pengawas Bukti Rantau St,mm, menyambut baik kegiatan ini karena pekerja TKBM saat bekerja di dominan terjadinya kecelakaan kerja, sosialisasi ini penting buat mereka agar dapat memahami bahwa keselamatan itu lebih di prioritaskan, tutur Pengawas Disnaker Ahli Madya.

Baca juga: GEGER Kepri dan Polda Kepri Bagikan Sembako Untuk Masyarakat Pesisir

Harapan kami, dengan sosialisasi ini pekerja TKBM lebih memahami Hak dan Kewajibannya dalam menggunakan APD bagi para Pekerja, agar terhindar dari resiko resiko dalam bekerja dan apabila terjadi (Kecelakaan saat bekerja) setidaknya mereka tau Jaminan atau santunan bagi kelangsungan keluarga korban kecelakaan kedepan, jelas pak Bukti.

Ketua TKBM Mengatakan, kami sangat berterima kasih Kepada Polda Kepri yang telah mendukung kerjasama kegiatan sosialisasi ini , semoga kedepan kita bisa tetap bersama – sama mengamankan pelabuhan secara umum, TKBM berdiri sejak 1978 kini berusia 50 tahun dengan jumlah anggota sebanyak 461 orang, melalui sosialisasi ini saya harapkan kepada pekerja untuk mengikuti mekanisme dan aturan yang berlaku, serta tetap selalu menjaga situasi Kamtibmas di lingkungan, tutup Syahrial Harun. (Red/Budi)

Komentar