Zainul Marpaung Terpilih Sebagai Ketua Rw 013, Perumahan Graha Mas, Kelurahan Tanjung Riau

Batam, Headline, Komunitas433 Dilihat

Dailykepri.com | Sekupang – Pemilihan Ketua Rw 013, Perumahan Graha Mas, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang Kota Batam, diadakan Minggu, 11 Desember 2022, kandidat RW dipilih langsung oleh warganya seperti pemilihan umum legeslatif dan pemilihan umum presiden.

Lokasi pemilihan bertempat di Fasum tengah Rw 013, Perumahan Graha Mas. Terlihat antusias warga dimulai jam 8 pagi.

Walaupun hujan melanda Batam dari pagi, warga Perumahan Graha Mas nampak antusias dan antri di TPS. Tampak petugas TPS dan Saksi sudah siap untuk melayani warga yang datang.

Layaknya proses pencoblosan warga yang datang harus membawa undangan, kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu baru mendapatkan surat suara, setelah itu baru ke bilik suara, baru memilih salah satu kandidat dari lima calon ketua Rw yang ada,kemudian kartu suara di tempatkan di kotak suara yang di jaga oleh panitia.

Eko sebagai Ketua Panitia menerangkan pemilihan Rw secara langsung dan terbuka di perumahan Graha Mas, bukanlah ajang persaingan, melainkan untuk kebersamaan.

“Pemilihan RW secara aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan. Asalkan masing masing calon dan ketua terpilih, dapat menjalankan tugasnya dengan amanah,dan bisa mengayomi warganya.” Ucap Eko menambahkan.

Sejumlah persiapan pemilihan RW di biayai dari kas RW, sebesar 1.500.000, di tambah dari sumbangan donatur dari warga. Jumlah pemilh 528 kk, dan satu keluarga yang berhak memilih hanya 1 orang saja, terang Eko.

“Dari 528 daftar DPT, sekitar 95 persen yang hadir, acara dimulai dari pukul 08,00 wib s/d 13 00 wib, minggu 11/12/22,sementara pada pileg dan pilpres hanya 80 persen yang mengikutinya.” Ungkap Eko.

Dari lima Calon Rw 013 , hasil jumlah dari pemungutan suara sebagai berikut.

Joko Raharjo mendapat 83, suara, Zainul Marpaung 123 suara, Supardi 60 suara, Basrul 97 suara, Suluri 80 suara. Dengan hasil suara tertinggi, sehingga terpilihlah Zainul Marpaung untuk menjadi ketua RW 013 untuk masa bakti periode 2023 sampai dengan 2028.

Zainul Marpaung
Foto: (Eko/ Dailykepri.com)

Zainul marpaung Ketua RW 013 terpilih, menyampaikan dalam sambutannya akan terus bersinergi dengan semua calon Rw yang tidak terpilih untuk bersama sama membangun lingkungan nya.

Begitupula dengan kata sambutan semua calon yang tidak terpilih. “Walaupun tidak terpilih jadi ketua RW, akan terus berjalan bersama memberikan kritik dan saran yang positif kepada Rw terpilih”.

Dalam acara pemilihan Rw 013 di hadiri Lurah Tanjung Riau Afrizon Djohar SE, dan memberikan kata sambutannya, dalam sambutanya Lurah Tanjung Riau mengucapkan selamat dan sukses untuk ketua RW terpilih, bisa mengajak semua perangkatnya baik RT/RW terpilih untuk bersama sama membangun lingkungannya.

“Pemilihan secara langsung ini memang di kehendaki warga, ia berharap siapun yang terpilih jadi ketua Rw, harus di dukung penuh, sebab peran ketua RW merupakan ujung tombak Pemerintahan, terang salah satu warga.(*).

Komentar