Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Diklat Radio Elektronika Operator Radio (REOR) Diklat GOC – GMDSS Angkatan ke 06 Tahun 2024

Batam, Headline, Komunitas1456 Dilihat

Dailykepri.com | Batam – Lembaga Pendidikan (Lemdik) Indorad Foundation Batam telah mendidik dan melantik sebanyak 20 Pasis (Perwira Siswa) sebagai Operator Radio Umum atau ORU yang profesional dan handal di bidang komunikasi frekuensi radio.

Setelah melaksanakan Ujian Negara (UN) Radio Elektonika dan Operator Radio (REOR) General Operator Certificate (GOC) Global Maritime Distress & Safety System (GMDSS) dan dinyatakan lulus, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, nomor: 11-S/DJSDPPI.3/SP.02.06/01/2024.Sambutan Pengukuhan dan pelantikan disampaikan melalui Direktur Operasi Sumber Daya, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika RI, oleh perwakilan dari Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit (Balmon Spekfrekrad dan Orsad) kelas II Batam, Firnaidi.

Dihadiri Pembina Yayasan Indorad Foundation Azharsyah Lubis, Ketua Yayasan Juliyani, Direktur Yayasan Sudiantoro, perwakilan dari Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio dan Orbit Satelit (Balmon Spekfrekrad dan Orsad) kelas II Batam, Kerohanian dari Kementerian Agama untuk mengukuhkan sumpah para pasis beserta saksi dan seluruh para pendidik dan staf Indorad Foundation Batam.

“Perlu diperhatikan bahwa saudara telah atau akan bekerja di sektor transportasi pelayaran yang merupakan sarana yang sangat penting di dalam memperlancar arus barang dan jasa lalu lintas manusia, untuk itu diperlukan perwira operator radio yang handal untuk mengoperasikan,” isi sambutan yang disampaikan dalam pelantikan di lantai 11, Le Rou Room, Da Vienna Boutique Hotel, Kota Batam, Selasa (30/1/2024) mulai pukul 16.00 WIB.



“Sebagai Perwira di atas kapal, dipundak saudara terdapat tanggungjawab yang sangat besar terhadap kelancaran komunikasi radio, khususnya terkait dengan keselamatan pelayaran,” tambahnya.

Sementara itu, Pendiri Yayasan Indorad, Azharsyah Lubis didampingi Direktur Yayasan Indorad, Sudiantoro menyebutkan, informasi tentang GOC GMDSS dan Indorad bisa didapat di https://www.indorad-gmdss.com, atau datang langsung ke kantornya di Indorad Foundation, Blok B2-17 AN Central Sukajadi, Batam. Tepatnya di belakang Kepri Mall, Batam. Pendaftaran pendidikan angkatan terbaru mulai dibuka usai pelantikan.

Baca juga:
Komitmen BP Batam Bangun Rumah Baru dan Fasilitas Pendukung untuk Masyarakat Rempang

“Semoga ilmu yang didapat di Indorad dapat digunakan di maritime untuk dapat membantu rekan-rekan pelaut yang dalam bahaya. Kita juga menerima siswa reguler atau non pelaut, seperti yang barusan tadi dilantik, dan semoga bapak-bapak semua dilancarkan dalam mencari rezeki dan urusan dalam bekerja,” pungkas Azhar yang diaminkan salah seorang dosen dan pengurus Indorad Yana Radianis.

Ujian negara REOR GOC GMDSS ini kata Azhar, didasarkan kepada Surat Keputusan (SK) Direktur Pos dan Telekomunikasi nomor: 61/ DIRJEN/ 2008, tentang Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan untuk Sertifikasi Operator Radio Umum dan Sertifikasi Operator Radio Terbatas GOC GMDSS bagi pemilik Sertifikat Keahlian Pelaut Ahli Nautika (ANT), juga didasarkan kepada beberapa aturan lainnya. (sauth)

Komentar