Bea Cukai Batam Mendapat Kunjungan Sosialisasi dari Satgas Saber Pungli

Batam, Headline182 Dilihat

Dailykepri.com | Batam – Bea Cukai Batam mendapat kunjungan sosialisasi dari Satgas Saber Pungli dalam rangka Sosialisasi Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli pada Sektor Bea Cukai dan Pajak di Wilayah Kepulauan Riau. Rabu (12/7/2023).

Sosialisasi yang sudah dilaksanakan tersebut merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Nomor 37 Tahun 2023 tentang perubahan atas Keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Nomor 5 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Satgas Saber Pungli merupakan sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan utama untuk memberantas praktik pungutan liar (pungli) yang terjadi di berbagai sektor, termasuk di sektor Bea Cukai dan Pajak.

Dalam rilis resmi yang diterima redaksi Dailykepri.com pada hari Jumat, Sosialisasi ini dihadiri oleh BC Batam, Kanwilsus BC Kepri, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Batam, KPP Batam Utara, dan juga KPP Batam Selatan yang diberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai peran dan fungsi Satgas Saber Pungli serta tindakan yang dapat diambil dalam penanganan kasus pungli.

Bea Cukai Batam Mendapat Kunjungan Sosialisasi dari Satgas Saber Pungli

Kepala KPU BC Tipe B Batam, Ambang Priyonggo menyambut baik kunjungan sosialisasi dari Satgas Saber Pungli tersebut. Ambang mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam memberantas praktik pungli yang merugikan perekonomian dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala KPU BC Tipe B Batam juga menekankan komitmen Bea Cukai Batam dalam menjalankan tugasnya secara profesional dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Baca juga: Tingkatkan Pengawasan Maritim, Bea Cukai Bersama Singapore Police Coast Guard Lakukan Patroli Perbatasan Terkoordinasi

“Praktik pungutan liar telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan perlu diawasi,” ucap Ambang.

Brigjen Pol. Dr. Bambang Pristiwanto,S.H., M.M., Selaku Sekretariat Satgas Saber Pungli juga menyampaikan dalam materinya upaya pemberantasan pungutan liar perlu dibentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

Kepala KPU BC Tipe B Batam, Ambang Priyonggo

“Dalam upaya pemberantasan pungutan liar perlu dibentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar, oleh karena itu Satgas Saber Pungli dibentuk untuk melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di kementerian/ lembaga maupun pemerintah daerah,” terangnya.

Kunjungan sosialisasi dari Satgas Saber Pungli ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kita bersama tentang pentingnya memberantas pungli dan mendorong seluruh lapisan pemerintahan untuk bekerja dengan integritas yang tinggi. Diharapkan perekonomian di wilayah Kepulauan Riau dapat semakin baik, serta masyarakat dapat menikmati pelayanan yang adil dan transparan dari Sektor Pemerintahan. (**/Red)

Komentar