Manchester dan Manchester

Batam, Headline, Opini4239 Dilihat

Dailykepri.com | Batam – Menurut Wikipedia, Manchester adalah sebuah kota dan borough metropolitan di Manchester Raya Inggris, yang memiliki populasi sebanyak 503.000 jiwa pada tahun 2011. Untuk posisi Manchester sendiri terletak di kawasan perkotaan Manchester Raya, yang juga merupakan kawasan perkotaan terbesar ketiga di Britania Raya, dengan populasi sekitar 2,2 juta jiwa.

Memang nama Manchester ini sangat fenomenal, semua yang memakai nama ini pasti memiliki kelebihan, seperti, Manchester United F.C. masih menurut Wikipedia Manchester United Football Club adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya, yang bermain di Liga Utama Inggris dengan gelar Liga Utama Inggris terbanyak sepanjang masa.

Untuk kota Batam juga ada sebuah produk yang bisa dikatakan cukup fenomenal, dengan menggunakan nama yang sama, yaitu produk rokok dengan merk Manchester. Merk ini berhasil menarik hati konsumen dewasa penikmat tembakau.

Diketahui rokok dengan Merk Manchester ini mempunyai beberapa varian rasa, mungkin lebih tepatnya mempunyai beberapa jenis. jenis rokok merek Machester yakni Manchester Blue Mist Fusion, Manchester Red Berry Fusion, Manchester Superslims, Manchester Ice Crush, Manchester Menthol, Manchester London FOG, Manchester Merah United Kingdom.

Rokok Machester tanpa pita cukai. Foto: DK

Penamaan setiap dari jenis rokok ini sangat menarik dan dilihat secara visual dari bungkusnya membuat penikmat tembakau akan tertarik untuk mencobanya. Dengan dugaan rokok Manchester ini mempunyai tim yang sangat hebat dalam mendesign, membranding dan pemasaran.

Tertulis jelas dibagian kotak rokok ini, Manchester United Kingdom, Manufactured Under Authority of J.S.S Tobacco Ltd. London United Kingdom. Hal ini membuat kita bertanya tanya, dimanakah gerangan di produksi rokok Manchester yang fenomenal ini? Tidak seperti rokok nasional lain yang mencantumkam alamat jelas perusahaan yang memproduksinya, rokok ini tidak jelas dari mana asalnya.

Wajar, kita menduga jika rokok ini produksi dari luar negeri, mengingat alasan diatas. Tapi ada juga selentingan informasi yang diperoleh dari cerita di warung kopi, yang mengatakan jika rokok ini aslinya memang rokok luar negeri, tetapi oleh oknum dipalsukan produksinya di Batam. Tetapi itu hanya cerita di warung kopi yang belum bisa dipercayai kebenarannya.

Yang jelas dan bisa dipercayai kebenarannya, bahwa rokok ini berhasil menguasai pasar penjualan rokok di kota Batam ini. Dilihat dari tampilan, mewah, dari segi harga, terjangkau, pasti akan membuat kompetitor tersenyum kecut saat mengetahui betapa lakunya rokok ini.

Tersirat tanya di kepala, kenapa rokok dengan design mewah dan memiliki cita rasa enak ini bisa dijual dengan harga murah? ada jelas jawaban jika kita melihat langsung kotak rokok nya. Diduga rokok ini menabrak aturan pemerintah Republik Indonesia tentang cukai. Ternyata rokok ini tanpa dilengkapi pita cukai, wajar kenapa bisa dijual murah harganya. Tapi untuk rasa, tidak bisa dibilang murahan. Yang biasa merokok kretek merk lain, setelah mencoba rokok Manchester ini, dijamin akan berpindah ke rokok ini.

Berita lainnya:

Bea cukai Batam Musnahkan Barang Ilegal Jenis Mikol dan Rokok senilai Rp 10,01 Miliar
Bea Cukai Batam Gandeng Kodim-0316 Batam Tindak Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Apakah rokok ini legal penjualannya di Batam, dirasa tidak, karena aparat penegak hukum sudah sering kali melakukan razia dan melakukan penindakan terhadap jenis rokok ini. Redaksi Dailykepri.com pun seringkali menerima rilisan resmi penindakan dari Bea Cukai Batam.

Pada pemberitaan terdahulu Bea Cukai sering kali melakukan penangkapan terhadap peredaran rokok ilegal, bahkan dengan slogan #STOPROKOKILEGAL masih bisa membuat pemain rokok tersebut secara leluasa memasarkan rokok tanpa pita cukai ini. Tetapi penindakan tersebut belum bisa menghentikan kegiatan penjualannya.

Sepertinya memang dibutuhkan banyak kolaborasi dan kerja yang lebih keras dari beberapa instansi penegak hukum untuk memberhentikan peredaran rokok ilegal ini. (*/Daniel)

Komentar