AIMMI Dukung Kebijakan Minyak Goreng Kemasan Sederhana yakni ‘Minyakita’

Economy, Headline226 Dilihat

Dailykepri.com | Jakarta – Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI) mendukung rencana Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait penyediaan minyak goreng rakyat kemasan sederhana yakni ‘Minyakita’ dengan harga Rp14.000 per liter.

“Yang hadir di sini sudah pasti kami akan full power. Semua akan membantu realisasi minyak goreng kemasan sederhana ini,” jelas Ketua AIMMI, Adiwisoko Kasman, melalui siaran pers yang diterima InfoPublik pada Selasa (28/6/2022).

Menurut Adiwisoko, rencana kebijakan yang sedang direalisasikan oleh Mendag Zulhas ini sudah tepat. Harus ada penyesuaian harga pada produk minyak goreng kemasan sederhana berdasarkan aturan yang berlaku.

“Ini sudah betul kebijakan yang dikeluarkan, ya semua program biasa ada penyesuaian dengan perkembangan,” tutur Adiwisoko.

Berkaitan dengan hal tersebut, Adiwisoko meminta kepastian bahwa minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter tersebut hanya ‘Minyakita’.

Kemudian, minyak goreng itu harus sesuai dengan aturan Standar Nasional Indonesia (SNI). “Tapi kita mesti ada satu kepastian bahwa hanya satu yaitu ‘Minyakita’. Saya sangat setuju. Saya rasa itu bagus sekali,” tambahnya.

Kepastian dapat terwujud sangat penting agar tidak membuka kemungkinan oknum berlaku curang dengan cara memainkan harga. Dengan begitu, pengawasan yang dilakukan dapat optimal.

“Kalau branded kemasan sederhana bisa disalahgunakan. Bisa ada oknum yang naikin harga, kalau ‘Minyakita’ jelas, yang nakal main naikin harga bisa ditindak,” tutup Adiwisoko. (Red)

Komentar