Buka Festival Marandang IRGE 2023. Begini Respon Marlin Agustina

Batam, Headline, Komunitas900 Dilihat

Dailykepri.com | Batam – Ketua Persatuan Istri Karyawan (PIKORI) BP Batam, Marlin Agustina membuka Festival Marandang (membuat rendang) dalam rangkaian International Rumah Gadang Expo (EXPO) 2023, Jumat, 19 Mei 2023 di Dataran Engku Putri, Batam Centre.

Marlin yang juga Wakil Gubernur Kepri ini pun didapuk sebagai juri dalam festival tersebut.

Dia berkeliling dari satu peserta ke peserta lain untuk melihat proses membuat rendang dan mengamati penampilan para peserta Festival Marandang.

Festival Marandang sendiri merupakan bagian kegiatan Bundo Kanduang Kota Batam dalam memeriahkan International Rumah Gadang Expo 2023.

Seluruh elemen Bundo Kanduang di kecamatan dan Bundo Kanduang dari perwakilan Ikatan Keluarga Kabupaten/Kota (IKA) Sumatera Barat di Batam ikut ambil bagian dalam festival mengolah hidangan daging terlezatd di dunia ini.

Peserta Marandang dari IKA Agam



Ketua PIKORI BP Batam, Hj. Marlin Agustina pun mengaku bingung memberi penilaian terhadap penampilan para peserta Marandang. Karena seluruh peserta menyajikan atraksi terbaik dengan berbusana ala Bundo Kanduang sesuai dengan ciri khas masing-masing daerah.

Dia pun mengapresiasi penyelenggaraan Festival Marandang tersebut. Menurutnya, tradisi ini patut terus dilestarikan. Apalagi rendang khas dari Ranah Minang sudah terkenal di seantero jagat raya.

“Sukses buat Bundo Kanduang dan IKSB Kota Batam yang telah menyelenggarakan IRGE 2023. Sukses selalu buat perantau asal Sumatera Barat di Batam,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bundo Kanduang Batam, Fitri Yetty mengutarakan, Festival Marandang mendapat sambutan meriah dari para Bundo Kanduang yang ada di Kota Batam. Terbukti, semua elemen Bundo Kanduang Kota Batam ambil bagian dalam festival ini.

“Nanti rendang yang sudah diolah akan jadi isi talam dalam acara Maarak Jamba, Sabtu besok, 20 Mei 2023. Kemudian kelezatan dan kegurihan rendang masing-masing peserta akan dinilai oleh dua orang pakar kuliner Kota Batam. (Red/G)

Komentar