Asam Lambung Sering Naik, Coba Obati Dengan Ini Secara Rutin

Kesehatan223 Dilihat

Dailykepri.com | Kesehatan – Asam lambung sering naik akibat salah makan/ minum. Seperti pola makan yang tak teratur, stres, konsumsi kopi, alkohol, hingga makanan pedas.

Berikut beberapa obat asam lambung naik dikutip dari beberapa sumber.

1. Daun Kemangi
Daun kemangi dikenal akan sifat menenangkan yang bisa dijadikan sebagai obat asam lambung naik. Cara mengolahnya pun mudah, ambil 3 sampai 4 daun kemangi dan rebus dalam secangkir air.

Biarkan beberapa menit hingga mendidih. Setelah matang, tunggu airnya sampai terasa cukup dingin dan diminum. Selain itu, sering menghirup daun kemangi juga dapat meredakan asam lambung naik loh.

2. Kayu Manis
Obat asam lambung naik berikutnya adalah kayu manis. Bahan alami ini mengandung antasida alami yang berguna untuk meredakan asam lambung naik, menenangkan perut, dan meningkatkan pencernaan.

Oleh karenanya, sering meminum air yang dicampur kayu manis bisa menyembuhkan infeksi saluran pencernaan, terutama asam lambung naik.

3. Air Kelapa
Selain menyegarkan, air kelapa juga bisa menjadi pilihan obat untuk asam lambung naik. Pasalnya, air kelapa dikenal akan kaya serat sehingga dapat membantu pencernaan dan mencegah asam lambung naik.

“Saat minum air kelapa, tingkat pH asam tubuh kita berubah menjadi basa”, ucap dr Ahuja dari Rumah Sakit Fortis.

Juga, bahan alami ini bisa menghasilkan lendir di perut yang berguna melindungi perut dari efek berbahaya yang disebabkan oleh produksi asam berlebih.

4. Pisang
Buah pisang juga dapat menjadi obat asam lambung naik. Pisang mengandung antasida alami yang berfungsi sebagai penyangga terhadap refluks asam. Buah ini sangat populer dan sering disarankan dokter sebagai obat mengatasi asam lambung naik. Cukup mengkonsumsi satu buah pisang perhari dapat mencegah asam lambung naik yang menyiksa.

5. Jahe
Obat asam lambung naik selanjutnya adalah jahe. Jahe terkenal mampu membuat badan hangat, serta mengandung anti-inflamasi yang dapat menetralkan asam lambung naik.

Dengan mengkonsumsi jahe seperti dikunyah, meminum satu sendok jus jahe sebanyak 2-3 kali sehari, atau merendam irisan jahe segar dalam secangkir air mendidih dan diminum saat hangat dapat meredakan asam lambung naik.

6. Oatmeal
Faktor iritasi adalah asam. Sementara, serat yang terkandung dalam oatmeal atau gandum dapat membantu mengurangi asam lambung naik. Kandungan serat yang tinggi dari makanan ini membantu menyerap asam yang menumpuk penyebab perut mulas.

7. Apel
Selain untuk diet, apel juga efektif dalam meredakan asam lambung naik. Kandungan pektin dan serat larut air pada apel diyakini mampu mengurangi frekuensi perut perih akibat asam lambung naik. Apel juga merupakan sumber kaya mineral seperti kalsium, magnesium, dan potasium. Nutrisi ini sangat berguna dalam menurunkan asam lambung naik. (**)

Komentar